Pemodelan
grafis adalah Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu
model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer bisa dalam
shape/bentuk, posisi, orientasi, surface, properties, volumetric, properties
dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D.
Game
atau yang lebih dikenal dengan video game dalam konteks saat ini, merupakan
permainan video yang banyak dimainkan menggunakan perangkat game. Artinya apa
yang dimainkan oleh orang di video game mempunyai bentuk yang tidak nyata atau
berbentuk grafis. Tentu saja untuk membuatnya diperlukan pemodelan grafis. Saat
ini ada 2 bentuk dari grafik computer yang bisa kita lihat.
1.Grafik
komputer 2D
merupakan
bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan
teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan
sumbu y (tegak).
2.Grafik
komputer 3D
merupakan
bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan
grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z.
Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan
pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya
digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari
sebuah video card (link). pemodelan ini juga berfungsi untuk menampilkan efek
realistis pada video maupun game.
Animasi
Suatu
rangkaian gambar diam secara inbetween dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan
akan terlihat seolah - olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat
film - film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan
menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak.Untuk membuat ilusi
gerakan tersebut, sebuah gambar pada layar komputer dengan sangat cepat
digantikan oleh gambar lainnya yang mirip dengan gambar sebelumnya, tapi dengan
sedikit perubahan
Animasi
komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer
dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin
banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih
banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer itu sendiri, kadangkala
sasaran adalah antara lain, seperti filem. Untuk menghasilkan gambar
pergerakan, image (gambar) dipaparkan pada screen komputer dan diganti dengan
image (gambar) baru yang selaras gambar sebelumnya dengan pantas. Teknik ini
serupa dengan bagaimana gambar bergerak dihasilkan melalui televi dan film.
Animasi komputer 3D pada asasnya merupakan pengganti digit bagi seni animasi
gerak (stop motion); patung animasi dibina pada screen komputer dan dipasang
dengan rangka siber. Kemudian anggota badan, mata, mulut, pakaian, dan
lain-lain bagi patung 3D digerakkan oleh juru animasi. Akhirnya, animasi
dihasilkan.
Perkembangan Game 2D dan 3D
Sebagaimana
zaman berkembang tentu teknologi juga akan berkembang secara terus-menerus.
Semakin berkembangnya zaman maka semakin bagus bentuk game-nya. Untuk itu mari
kita lihat beberapa bagian yang berkembang pada game baik 2D maupun 3D.
1. Pencitraan
Perkembangan
pesat dalam pencitraan terjadi sejak dari tahun 1990 dan seiring berjalannya
waktu mulai dikembangkan OpenGL sebagai API untuk objek dan visualisasi 3D.
Walaupun game telah dikenal sejak dibuatnya komputer desktop, tetapi teknologi
pada saat itu masih belum mendukung untuk menjadi game yang banyak kita lihat
sekarang ini. Dengan teknologi yang masih terbatas pada saat itu game baru bisa
dibuat dengan tampilan yang secara geometri adalah 2D yaitu panjang x lebar .
Contoh game yang pada saat itu menggunakan konsep 2D adalah seperti game,
“Mario Bross”,”Zelda”, “Megaman” dan beberapa game yang dulu dimainkan di konsol
jadul seperti Sega, Nintendo, Game Boy dan alat permainan 2D lainnya.
Game
3D berkembang sejak tahun 1990-an sampai berkembang menjadi sekarang ini dengan
detail yang baik dan desain yang sangat halus pada saat di render. Dengan
berkembangnya OpenGL sebagai API Open Source untuk pengembang game dan animasi.
Juga terdapat software dan hardware yang mendukung untuk menampilkan game 3D.
Secara geometri 3D merupakan suatu objek yang memiliki dimensi panjang x lebar
x tinggi. Banyak sekali game-game 3D yang terbentuk saat ini bahkan memiliki
pencitraan yang menyerupai wujud asli (dunia nyata).
2. Software
Dengan
berkembangnya teknik pembuatan algoritma, pembuat aplikasi bisa mengembangkan
game menjadi semakin baik. Mulai dari
API untuk melakukan rendering algoritma tersebut telah dikembangkan
menjadi semakin baik dan menghemat resource komputer atau mesin dan menjadi
lebih efisien seperti yang kita rasakan sekarang ini. Pada periode tahun 1980
sejak komputer desktop pertama dikembangkan game masih dibuat dengan sangat
sederhana. Dilakukan dengan bahasa pemrograman seperti C , prolog dan lainnya.
Sekarang dengan perkembangan teknologi pembuatan game bisa dilakukan hanya
dengan engine game tertentu, yaitu hanya dengan menginstall suatu software yang
meng-generate suatu objek dan game secara user friendly. Tentu saja ini
memudahkan para programmer untuk membuat game dengan lebih baik, bahkan bisa
dibuat secara perorangan.
3. Hardware
Dengan
teknologi yang maju telah membuat hardware menjadi semakin powerfull, murah dan
kecil, hal ini dimanfaatkan oleh para pengembang citra dan game. Sebelumnya
proses – proses pembuatan game mendapat hambatan karena hardware yang tidak
mendukung untuk pembuatan maupun menjalankan game tersebut. Di masa sekarang
semakin banyak hardware pendukung yang bisa dibeli baik untuk membuat maupun
memainkan game. Beberapa hardware yang bisa ditemui sekarang seperti
Playstation, Xbox, Nintendo Wii, dan sebagainya.
4. Gameplay
Jika
Anda pernah bermain game pada tahun 1989-an sampai sekarang ini maka bagi anda
akan sangat jelas perbedaan yang terlihat pada gameplay-nya. Pada game 2D yang
muncul sebelumnya permainan sangatlah terbatas pada suatu tempat dikarenakan
kurang dukungan. Akibatnya gameplay yang sederhana membuat pemain cepat bosan
dan kurang tantangan. Di masa sekarang dengan perkembangan teknologi dan 3D
maka banyak gameplay yang bisa dibuat sehingga pemain tidak akan cepat bosan
dalam memainkan game yang tersedia.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar