Senin, 21 Desember 2015

PEMODELAN GRAFIS UNTUK GAME 2D/3D

    Pemodelan grafis adalah Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface, properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D.

    Game atau yang lebih dikenal dengan video game dalam konteks saat ini, merupakan permainan video yang banyak dimainkan menggunakan perangkat game. Artinya apa yang dimainkan oleh orang di video game mempunyai bentuk yang tidak nyata atau berbentuk grafis. Tentu saja untuk membuatnya diperlukan pemodelan grafis. Saat ini ada 2 bentuk dari grafik computer yang bisa kita lihat.

1.Grafik komputer 2D
merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak).

2.Grafik komputer 3D
merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). pemodelan ini juga berfungsi untuk menampilkan efek realistis pada video maupun game.

Animasi

    Suatu rangkaian gambar diam secara inbetween dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah - olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film - film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak.Untuk membuat ilusi gerakan tersebut, sebuah gambar pada layar komputer dengan sangat cepat digantikan oleh gambar lainnya yang mirip dengan gambar sebelumnya, tapi dengan sedikit perubahan

    Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer itu sendiri, kadangkala sasaran adalah antara lain, seperti filem. Untuk menghasilkan gambar pergerakan, image (gambar) dipaparkan pada screen komputer dan diganti dengan image (gambar) baru yang selaras gambar sebelumnya dengan pantas. Teknik ini serupa dengan bagaimana gambar bergerak dihasilkan melalui televi dan film. Animasi komputer 3D pada asasnya merupakan pengganti digit bagi seni animasi gerak (stop motion); patung animasi dibina pada screen komputer dan dipasang dengan rangka siber. Kemudian anggota badan, mata, mulut, pakaian, dan lain-lain bagi patung 3D digerakkan oleh juru animasi. Akhirnya, animasi dihasilkan.

Perkembangan Game 2D dan 3D

    Sebagaimana zaman berkembang tentu teknologi juga akan berkembang secara terus-menerus. Semakin berkembangnya zaman maka semakin bagus bentuk game-nya. Untuk itu mari kita lihat beberapa bagian yang berkembang pada game baik 2D maupun 3D.

1. Pencitraan

    Perkembangan pesat dalam pencitraan terjadi sejak dari tahun 1990 dan seiring berjalannya waktu mulai dikembangkan OpenGL sebagai API untuk objek dan visualisasi 3D. Walaupun game telah dikenal sejak dibuatnya komputer desktop, tetapi teknologi pada saat itu masih belum mendukung untuk menjadi game yang banyak kita lihat sekarang ini. Dengan teknologi yang masih terbatas pada saat itu game baru bisa dibuat dengan tampilan yang secara geometri adalah 2D yaitu panjang x lebar . Contoh game yang pada saat itu menggunakan konsep 2D adalah seperti game, “Mario Bross”,”Zelda”, “Megaman” dan beberapa game yang dulu dimainkan di konsol jadul seperti Sega, Nintendo, Game Boy dan alat permainan 2D lainnya.

     Game 3D berkembang sejak tahun 1990-an sampai berkembang menjadi sekarang ini dengan detail yang baik dan desain yang sangat halus pada saat di render. Dengan berkembangnya OpenGL sebagai API Open Source untuk pengembang game dan animasi. Juga terdapat software dan hardware yang mendukung untuk menampilkan game 3D. Secara geometri 3D merupakan suatu objek yang memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi. Banyak sekali game-game 3D yang terbentuk saat ini bahkan memiliki pencitraan yang menyerupai wujud asli (dunia nyata).

2. Software

    Dengan berkembangnya teknik pembuatan algoritma, pembuat aplikasi bisa mengembangkan game menjadi semakin baik. Mulai dari  API untuk melakukan rendering algoritma tersebut telah dikembangkan menjadi semakin baik dan menghemat resource komputer atau mesin dan menjadi lebih efisien seperti yang kita rasakan sekarang ini. Pada periode tahun 1980 sejak komputer desktop pertama dikembangkan game masih dibuat dengan sangat sederhana. Dilakukan dengan bahasa pemrograman seperti C , prolog dan lainnya. Sekarang dengan perkembangan teknologi pembuatan game bisa dilakukan hanya dengan engine game tertentu, yaitu hanya dengan menginstall suatu software yang meng-generate suatu objek dan game secara user friendly. Tentu saja ini memudahkan para programmer untuk membuat game dengan lebih baik, bahkan bisa dibuat secara perorangan.

3. Hardware

      Dengan teknologi yang maju telah membuat hardware menjadi semakin powerfull, murah dan kecil, hal ini dimanfaatkan oleh para pengembang citra dan game. Sebelumnya proses – proses pembuatan game mendapat hambatan karena hardware yang tidak mendukung untuk pembuatan maupun menjalankan game tersebut. Di masa sekarang semakin banyak hardware pendukung yang bisa dibeli baik untuk membuat maupun memainkan game. Beberapa hardware yang bisa ditemui sekarang seperti Playstation, Xbox, Nintendo Wii, dan sebagainya.

4. Gameplay

    Jika Anda pernah bermain game pada tahun 1989-an sampai sekarang ini maka bagi anda akan sangat jelas perbedaan yang terlihat pada gameplay-nya. Pada game 2D yang muncul sebelumnya permainan sangatlah terbatas pada suatu tempat dikarenakan kurang dukungan. Akibatnya gameplay yang sederhana membuat pemain cepat bosan dan kurang tantangan. Di masa sekarang dengan perkembangan teknologi dan 3D maka banyak gameplay yang bisa dibuat sehingga pemain tidak akan cepat bosan dalam memainkan game yang tersedia.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar